Aplikasi Penunjang Belajar Dirumahaja

Aplikasi Penunjang Kelas Online untuk Guru

Posted by

Sebagai seorang guru yang sedang terdampak pandemi Covid-19, saya harus mengajar di rumah alias online, dan ini bukanlah hal yang mudah karena banyak sekali penyesuaian yang perlu dilakukan, mulai dari cara mengajar, dan waktu mempersiapkannya. Namun, dengan bantuan aplikasi-aplikasi berikut ini, saya jadi dimudahkan untuk mengajar kelas online, tanpa perlu mengeluarkan biaya lain selain kuota internet.

Google Classroom

Google Classroom adalah sebuah aplikasi di mana kita bisa memberikan dan menjadwalkan pertemuan dengan waktu yang fleksibel. Kita bisa meng-upload pertanyaan, kuis, materi, dan tugas melalui platform ini; dan kita juga dapat dengan mudah memberikan nilai atau komentar kepada masing-masing siswa. Jadi, semisal ada tugas atau file yang perlu diakses oleh murid kita tidak perlu mengirimkan e-mail satu-satu secara manual. Menurut saya, Google Classroom ini bisa jadi “fondasi” untuk mengumpulkan murid karena semua bisa di share lewat situs/app ini. Untuk mengakses Google Classroom, silakan klik di sini.

Google Classroom

Flipgrid

Aplikasi ini sangat cocok bila kita ingin siswa bisa berinteraksi satu sama lain melalui video. Melalui Flipgrid, kita bisa melemparkan pertanyaan atau topik, dan siswa merespon dengan cara merekam video mereka. Selain itu, mereka juga bisa memberikan tanggapan terhadap respon siswa lain (yang tentunya berupa video juga). Yang saya sukai dari Flipgrid ini adalah kita sebagai guru dapat menentukan berapa lama video itu dapat direkam, dan juga file video di dalam Flipgrid tidak akan memenuhi e-mail kita karena semua tersimpan di sana. Silakan klik di sini untuk membuka Flipgrid.

Padlet

Kalau Flipgrid adalah media sharing berupa video, melalui Padlet, kita bisa sharing tidak hanya video, melainkan juga tulisan atau gambar kita, dan orang lain dapat mengomentari upload-an kita tersebut. Website ini dibuat seperti papan tulis raksasa, dan para siswa bebas mengisinya dengan konten mereka, sehingga mereka bisa mengekspresikan diri secara kreatif, dan juga interaktif dengan siswa lainnya. Kelebihan lain dari Padlet adalah siswa tidak perlu membuat akun untuk memberikan komentar/tanggapan atas topik yang sudah kita buat. Namun, kekurangan Padlet ini adalah karena kita menggunakan “free version”, kita hanya bisa membuat file “padlet”/papan tulis dengan jumlah yang terbatas. Klik di sini untuk mengakses Padlet.

Zoom

Zoom memampukan saya untuk melakukan videoconference secara live dengan banyak siswa. Selain itu, saya juga dapat menggunakan papan tulis virtual, dan share screen komputer dengan siswa, sehingga menyampaikan materi sangat dimudahkan dengan Zoom. Kemudian, Zoom juga memungkinkan saya untuk mengontrol screen siswa-siswa saya, sehingga apabila mereka kesulitan, saya pun dapat mengajari mereka secara langsung melalui screen mereka! Satu fitur yang juga saya sukai adalah saya dapat mengganti background tempat saya berada, sehingga seolah saya berada di kantor/kelas (padahal kenyataannya di kamar). Mungkin memang Zoom banyak diragukan karena keamanannya, namun, saat ini, pengembang Zoom sedang meningkatkan proteksi privasi aplikasi ini, sehingga untuk ke depannya, kita tidak perlu khawatir lagi. Klik di sini untuk membuka situs Zoom.

Baca juga:
Zoom Meningkatkan Keamanan
Rekomendasi Kursus Gratis Selama #Dirumahaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *