Bahasa Inggris Coronavirus

Istilah Bahasa Inggris untuk Membicarakan Pandemi Coronavirus

Posted by

Mengingat bahwa wabah COVID-19 belum juga berakhir, mungkin ada di antara kita yang ingin tahu bagaimana mengobrol tentang pandemi ini dalam bahasa Inggris, atau mungkin, ada juga yang ingin bisa memahami artikel-artikel dalam bahasa Inggris mengenai virus ini. Berikut ini adalah kata-kata maupun frasa yang cukup sering digunakan untuk mendeskripsikan wabah virus Corona, dan cara menggunakannya dalam sebuah kalimat.

  1. in quarantine
    Arti: dalam karantina. Frasa ini dapat digunakan saat kita harus tinggal sendiri dan menghindari interaksi dengan orang lain karena kemungkinan penyebaran virus oleh kita.
    Contoh: People have to spend 2 weeks in quarantine if they travel to another city. (Orang-orang harus melewati 2 minggu dalam karantina jika mereka bepergian ke kota lain)
  2. in/on/under lockdown
    Arti: dalam kuncian. Frasa ini digunakan untuk mendeskripsikan keadaan dimana sebuah tempat, kota, atau negara benar-benar ditutup untuk akses keluar dan masuk. Bedanya “in quarantine” dan “in lockdown” adalah “quarantine” lebih bersifat ke individual, sementara “lockdown” bersifat lebih luas.
    Contoh: Life in lockdown seems to be really boring. (Hidup dalam kuncian terasa sangat membosankan.)
  3. has / have a cough / cold / fever
    Arti: cough= batuk, cold = pilek, fever = demam
    Contoh: If you have a cough or fever, you must not go to work. (Jika Anda batuk atau demam, Anda tidak boleh berangkat kerja.)
  4. asymptomatic
    Arti: tidak menunjukkan gejala
    Contoh: People who are asymptomatic are the most dangerous because they can spread the virus without them realising it. (Orang-orang yang tidak bergejala adalah yang paling berbahaya karena mereka dapat menyebarkan virus tanpa mereka sadari.)
  5. contagious
    Arti: menular
    Contoh: COVID-19 is highly contagious, so we must always be careful. (COVID-19 sangat menular, jadi kita harus selalu berhati-hati.)
  6. outbreak
    Arti: Wabah, keadaan dimana penyebaran suatu penyakit meningkat signifikan secara mendadak.
    Contoh: Coronavirus outbreak in Wuhan started in December 2019. (Wabah virus Corona dimulai pada Desember 2019.)
  7. epidemic
    Arti: epidemi, suatu penyakit yang menyebar ke suatu populasi, komunitas atau daerah.
    Contoh: The city stopped the flu epidemic before it spread to the whole country. (Kota tersebut menghentikan endemi flu sebelum menyebar ke seluruh bagian negara.)
  8. pandemic
    Arti: suatu penyakit yang telah menyebar ke banyak negara atau benua
    Contoh: Coronavirus was declared a pandemic after it spread to almost all continents. (Virus Corona dinyatakan menjadi pandemi setelah menyebar ke hampir seluruh benua.)
  9. stock up on.. (food, groceries, etc)
    Arti: membeli dalam jumlah besar untuk waktu mendatang
    Contoh: People tend to stock up on frozen foods during this pandemic. (Orang-orang cenderung membeli makanan beku dalam jumlah besar selama pandemi ini.)
  10. hoard (…)
    Arti: menimbun / membeli dalam jumlah besar namun dibandingkan dengan “stock up”, kata ini lebih negatif karena kita membeli jauh lebih dari yang dibutuhkan
    Contoh: Indomaret limits the number of face masks people can buy so they don’t hoard them. (Indomaret membatasi jumlah masker yang bisa dibeli sehingga orang-orang tidak menimbunnya)
  11. recover from (…)
    Arti: sembuh dari
    Contoh: It took him a long time to recover from COVID-19. (Dia membutuhkan waktu lama untuk sembuh dari COVID-19.)
  12. work/study from home
    Arti: bekerja/belajar dari rumah
    Contoh: A lot of people were sent to work from home as the Coronavirus started to spread. (Banyak orang yang diminta untuk bekerja dari rumah saat virus Corona mulai menyebar.)
  13. wear a mask
    Arti: memakai masker
    Contoh: It is important to wear a mask so the transmission of COVID-19 could be stopped. (Penting untuk memakai masker sehingga penyebaran COVID-19 dapat dihentikan.)
  14. wash hands frequently
    Arti: sering mencuci tangan
    Contoh: If we wash our hands frequently, we can minimise the spread of the virus. (Jika kita sering mencuci tangan, kita dapat meminimalisir penyebaran virus tersebut.)
  15. avoid crowded places
    Arti: menjauhi tempat ramai/ keramaian
    Contoh: We must avoid crowded places to stay safe. (Kita harus menjauhi tempat keramaian supaya tetap aman.)

Baca juga: Aplikasi Penunjang Kelas Online untuk Guru

Nah, demikianlah kata-kata yang bisa Anda pakai dalam bahasa Inggris tentang virus Corona. Sebenarnya, bila dilanjutkan, daftarnya akan sangat panjang, hehe. Tapi, untuk saat ini, sampai sini saja ya. Apakah Anda bisa menambahkan contoh lainnya lagi? Silakan berkomentar di bawah ini 🙂

Baca juga: Efektifkah Belajar di Rumah karena Corona?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *