5 Rekomendasi Film untuk Belajar Bahasa Inggris

Film merupakan salah satu sarana untuk belajar bahasa Inggris tanpa perlu merasa jenuh, karena dalam film, terdapat jalan cerita yang dapat kita nikmati. Dengan menonton film berbahasa Inggris, kita akan dapat secara tidak langsung memperkaya kosakata, belajar grammar, memperkuat skill mendengarkan, dan tentunya berbicara. Berikut ini adalah rekomedasi film berbahasa Inggris yang dapat menemani Anda dalam belajar bahasa Inggris.

1. Harry Potter

film untuk belajar bahasa inggris

Siapa yang tidak kenal film Harry Potter, yang dibuat berdasarkan novel karya J.K Rowling ini? Harry Potter seolah menjadi ikon negara Inggris, karena pasti negara ini dihubung-hubungkan dengan kisah penyihir yang bersekolah di Hogwarts tersebut. Kisah Harry Potter ini difilmkan menjadi 8 bagian (berbeda dengan novelnya yang mencapai 7 buku). Dengan film ini, kita dapat mempelajari British English dengan aksennya yang sangat khas.

2. Love Actually

Sama seperti Harry Potter, Love Actually berlatar belakang di Inggris. Film ini mengisahkan cerita cinta beberapa orang yang berbeda pada masa Natal, dan semuanya ada di London. Dengan film ini, Anda dapat melihat bahwa aksen di Inggris pun beragam, tidak hanya aksen yang seperti Ratu Inggris gunakan, namun juga ada aksen Inggris Irlandia. Oh ya, selain itu, Anda akan menjadi lebih familiar dengan budaya Inggris di film ini, karena memang film ini mengisahkan kehidupan sehari-hari mereka.

3. Castaway

Castaway menceritakan perjuangan seorang karyawan Fed-Ex, yang diperankan oleh Tom Hanks, yang terdampar di pulau tidak dikenal karena kecelakaan saat perjalanan menggunakan pesawat. Dengan demikian, dia harus bertahan di pulau itu dengan segala cara yang memungkinkan. Berbeda dengan kedua film rekomendasi saya sebelumnya, film ini menggunakan bahasa Inggris Amerika (American English).

4. Forrest Gump

Film ini juga diperankan oleh Tom Hanks, dan dalam film ini, dikisahkan seorang pemuda bernama Forrest. Forrest adalah seseorang yang tidak terlalu pintar, karena daya belajarnya lebih lambat daripada orang lain yang sebayanya, namun dia memiliki hati yang baik. Film ini saya rekomendasikan karena selain kisahnya menyentuh, Forrest juga berbicara dengan kecepatan yang relatif lambat, sehingga akan lebih mudah dimengerti oleh pemula.

5. Twilight

Saya yakin sebagian besar orang pasti sudah pernah menonton film ini, karena pada masanya, film ini sangatlah populer. Twilight mengisahkan romansa remaja perempuan bernama Bella Swan, dan seorang vampir bernama Edward. Saya merekomendasikan film ini untuk para remaja, dan juga mereka yang ingin mengenal aksen Amerika dengan lebih dekat.

Baca juga: Rekomendasi Film Terbaik Saat #dirumahaja

Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Film

Mungkin ada juga yang bertanya-tanya apakah mungkin bahasa Inggris kita meningkat hanya dengan menonton film. Jawabannya, sangat mungkin. Berikut ini saya berikan sedikit tips untuk belajar bahasa Inggris sambil nonton film.

1. Pakai subtitle

Apabila Anda belum benar-benar bisa paham isi film bahasa Ingggris karena percakapannya terlalu cepat, jangan menyerah. Anda dapat menggunakan subtitle bahasa Indonesia, dan saat Anda sudah nyaman, gunakanlah subtitle bahasa Inggris. Anda tidak perlu memahami kata per kata, melainkan Anda perlu mengetahui gagasan utama dari percakapan tersebut. Apabila masih kurang paham, Anda bisa mencoba menerka-nerka arti percakapan di film tersebut berdasarkan gerakan atau bahasa tubuh.

2. Dengarkan dan tirukan

Jika Anda ingin memperbaiki kemampuan pelafalan (pronunciation skills) Anda, Anda sebaiknya mencoba mendengarkan tokoh dalam film tersebut, dan tirukan sepersis-persisnya. Bahasa Inggris berbeda intonasi dan pengucapannya dengan bahasa Indonesia, karena itu, sudah sepantasnya kita juga mempelajarinya, supaya ucapan kita dapat lebih mudah dipahami.

3. Tonton film yang disukai

Bila Anda suka film petualangan, jangan nonton film romantis, dan sebaliknya. Tujuannya tentu adalah supaya Anda menikmati proses belajar Anda. Selain itu, saya tidak merekomendasikan Anda untuk memilih film yang terlalu berat dan membutuhkan banyak berpikir untuk paham isi film itu. Hal ini disebabkan karena Anda kemungkinan besar akan jadi kurang fokus dengan bahasa, dan lebih berkonsentrasi memahami cerita filmnya.

Baca juga: Produktif #dirumahaja

Share this: