10 Kata-Kata Motivasi untuk Belajar Bahasa Inggris

Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan kata-kata motivasi yang dapat Anda ingat-ingat atau gunakan apabila Anda mengalami rasa tidak semangat dalam belajar bahasa Inggris. Semoga dapat menginspirasi, dan Anda semakin memiliki keinginan yang kuat untuk menguasai bahasa ini.

Kata-Kata Motivasi Belajar Bahasa Inggris

1. Today a reader, tomorrow a leader (Margaret Fuller)

Arti: hari ini pembaca, besok pemimpin.

Ungkapan ini menunjukkan betapa pentingnya membaca! Saat kita membaca, kita akan dapat menambah banyak ilmu. Khususnya, dalam mempelajari Bahasa Inggris, Anda dapat menambah kekayaan kosakata Anda dengan membaca, dan selain itu, misalnya, jika Anda membaca teks berita, atau novel yang diterbitkan asli dari negara-negara berhasa Inggris, Anda juga akan dapat memperkaya pengetahuan Anda mengenai kebudayaan atau peristiwa yang terjadi di negara-negara tersebut. Dengan demikian, Anda jadi semakin pintar, bukan?

2. A new language is a new life (Persian Proverb)

Arti: Sebuah bahasa baru adalah sebuah kehidupan yang baru.

Tentu saja apabila Anda mempelajari bahasa yang baru, Anda akan membuka peluang-peluang yang akan masuk ke kehidupan Anda, seperti pekerjaan baru, maupun teman baru. Karena itu, sudah seharusnya Anda segera memulai untuk belajar bahasa Inggris.

3. Believe you can and you’re halfway there (Theodore Roosevelt)

Arti: Percayalah Anda bisa, dan Anda sudah setengah jalan.

Bila Anda belajar sesuatu, termasuk Bahasa Inggris, seberapapun sulitnya, Anda harus merasa bahwa Anda sudah berada di tengah perjalanan menuju tujuan, sehingga, sayang bila Anda tidak berusaha untuk mencapai garis akhir.

4. It doesn’t matter how slow you go, so long as you don’t stop (Confucius)

Arti: Tidak masalah seberapa lambat Anda berproses, asalkan Anda tidak berhenti.

Mungkin ada kalanya Anda merasa jenuh, dan seolah apapun yang Anda lakukan, peningkatan terasa sangat lama sekali. Namun kata-kata dari Confucius ini mengingatkan bahwa wajar kalau kita lambat, asalkan kita tidak berhenti sama sekali. Apabila Anda lelah belajar bahasa Inggris, Anda dapat beristirahat sejenak, tetapi tidak boleh berhenti belajar.

5. Success is no accident. It is hard work, perseverance, learning, studying, sacrifice and most of all, love of what you are doing or learning to do. (Pele)

Arti: Kesuksesan bukanlah sebuah kebetulan. Kesuksesan memerlukan kerja keras, ketekunan, proses belajar, pengorbanan, dan, yang paling penting, kecintaan terhadap apa yang Anda lakukan atau belajar untuk lakukan.

Pemain sepakbola terkenal asal Brazil ini berkata bahwa tidak ada yang instan. Begitu juga dengan belajar Bahasa Inggris, Anda hendaknya berkomitmen dan konsisten. Selain itu, penting bahwa Anda mencoba menyukai Bahasa Inggris supaya Anda dapat tetap bersemangat. Banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk membuat Bahasa Inggris semakin menyenangkan untuk dipelajari, misalnya menonton film atau bermain games.

6. Life begins at the end of your comfort zone (Unknown)

Arti: Hidup dimulai dari akhir zona nyaman Anda.

Anda sibuk bekerja dari pagi sampai sore? Terlalu capek untuk belajar bahasa Inggris pada malam hari? Sepertinya memang lebih enak bila malam hari dipakai untuk beristirahat daripada belajar. Tetapi, itulah zona nyaman Anda. Zona nyaman itu sangat enak, namun itulah yang membuat Anda tidak bertumbuh. Apabila Anda bisa meluangkan waktu untuk belajar bahasa Inggris, sesibuk apapun, saya percaya Anda sedikit demi sedikit akan dapat meningkat kemampuannya.

7. You are never too old to set another goal or to dream a new dream (C.S. Lewis)

Arti: Anda tidak pernah terlalu tua untuk menentukan tujuan baru atau mempimpikan impian baru.

Mungkin beberapa dari Anda merasa bahwa Anda terlalu tua untuk belajar Bahasa Inggris. Namun, sebenarnya, tidak ada kata “terlambat”. Ada yang merasa bahwa anak-anak lebih cepat dalam menyerap Bahasa Inggris dibandingkan dengan yang sudah berumur. Namun, hal itu sebenarnya hanya mitos, karena studi menyebutkan bahwa orang dewasa lebih mampu belajar hal yang kompleks mengenai bahasa. Sementara itu, anak-anak, meski dalam hal pelafalan mereka akan sangat jago, mereka mengalami kesusahan dalam pemahaman pola bahasa yang abstrak/sulit. Jadi, usia bukanlah alasan untuk memulai belajar bahasa Inggris, bukan?

Baca juga: Usia Terbaik untuk Belajar Bahasa

8. Nothing is impossible. The word itself says “I’m possible.” (Audrey Hepburn)

Arti: Tidak ada yang tidak mungkin (impossible). Kata-kata itu sendiri terbaca “Saya (I’m) mungkin (possible).”

Aktris terkenal yang berperan di film Breakfast at Tiffany’s tersebut berpendapat bahwa tidak ada hal yang tidak mungkin. Kata-kata “impossible” (tidak mungkin) disini juga mempunya 2 sisi (“mungkin” dan “tidak mungkin”), tergantung dari bagaimana kita melihatnya. Ini berarti bahwa pikiran positif akan mempermudah Anda mencapai tujuan Anda, yaitu menguasai bahasa Inggris.

9. A goal without a plan is just a wish (Antoine de Saint-Exupery)

Arti: Sebuah tujuan tanpa sebuah perencanaan hanyalah sebuah harapan kosong.

Anda mungkin memiliki impian untuk lancar menggunakan Bahasa Inggris, namun apabila Anda tidak memiliki rencana yang realistis, sama saja hal itu akan sulit sekali, bahkan tidak mungkin. Sebaiknya, Anda membuat rencana jangka pendek dan jangka panjang supaya lebih mudah dilaksanakan. Sebagai contoh, apabila rencana jangka panjang Anda adalah ingin memahami bahasa koran berbahasa Inggris, rencana jangka pendek yang bisa dibuat misalnya, dalam 1 minggu, Anda menambah 30 kosakata baru di koran. Maka, paling tidak sehari Anda mempelajari 5 kata Bahasa Inggris yang baru. Terlihat lebih mudah, bukan?

10. The key to success is to start before you are ready (Marie Forleo)

Arti: Kunci dari kesuksesan adalah memulai sebelum Anda siap.

Manusia memiliki kecenderungan untuk tidak percaya diri, sehingga takut untuk memulai. Padahal, ketakutan itu banyak yang tidak berdasar. Semakin kita menunda memulai, semakin jauh kita dari tujuan. Maka, sebaiknya, apabila Anda ingin belajar bahasa Inggris, Anda harus mulai sekarang juga. Apabila Anda menunggu untuk siap, Anda tidak akan pernah siap.

Baca juga: Belajar Bahasa Inggris Sampai Bisa, Yuk!

Share this: