Bahasa Inggris Umum

Cara Belajar IELTS dari Nol

belajar ielts dari nol

Bagi kalian yang ingin studi di luar negeri, mungkin sudah tidak asing lagi dengan tes IELTS. Bagi yang belum tahu apa itu IELTS, tes ini diperlukan sebagai prasayarat untuk diterima ke universitas luar negeri, khususnya negara-negara yang berbahasa Inggris seperti Inggris dan Australia. Nilai IELTS terendah adalah 0, dan tertinggi adalah 9. Meskipun standar yang ditetapkan tiap universitas berbeda,banyak universitas yang menginginkan nilai 6.5 ke atas. Mungkin beberapa dari kalian ingin sekali mendapatkan nilai IELTS yang tinggi (6.5 ke atas), tapi nggak tahu harus mulai dari mana. Berikut ini saya berikan tips untuk belajar IELTS dari nol.

Perbanyak Kosakata

Tidak bisa dipungkiri bahwa kosakata atau vocabulary adalah salah satu penentu paling besar atas kesuksesan kita dalam mengerjakan soal IELTS. Hal ini disebabkan karena teks yang dibaca maupun percakapan yang didengar dalam tes ini memiliki kesulitan yang cukup tinggi, terutama bila kita ingin mengambil IELTS akademik. Kalau perbendaharan kata bahasa Inggris kita sangat kurang, akan susah untuk memahami soal-soal tersebut. Nah, supaya bisa meningkatkan pengetahuan kosakata bahasa Inggris, kita tidak perlu pakai cara yang muluk-muluk! Banyak cara yang asyik untuk ini; beberapa di antaranya adalah mencoba mendengarkan lagu atau film berbahasa Inggris dengan subtitle Inggris tentunya. Apabila ada kata-kata yang tidak dipahami, kalian bisa mencatatnya dalam buku kosakata pribadi kalian disertai dengan contoh penggunaannya.

Pahami Tata Bahasa Dasar

Sebelum berpusing-pusing dengan IELTS, ada baiknya kita mempelajari bagaimana “cara kerja” tata bahasa Inggris, karena tentunya bahasa Inggris cukup berbeda dengan bahasa Indonesia. Hal yang paling mendasar adalah tenses, atau penentu waktu suatu kejadian. Dalam bahasa Inggris, tenses dibagi menjadi past (masa lalu), present (masa sekarang), dan future (masa depan). Tenses ini mempengaruhi bentuk kata kerja yang digunakan, bergantung dengan waktu kejadian tersebut terjadi. Misalnya saja, kata “Saya makan” atau “I eat” akan berubah menjadi “I ate” bila kita ngomongin kejadian yang sudah lampau. Dengan memahami cara menggunakan tenses, kita dapat dengan lebih mudah mencerna teks ataupun percakapan di IELTS, khususnya dalam hal memahami waktu kejadiannya. Selain itu, ketepatan tata bahasa juga merupakan aspek yang dinilai dalam tes speaking dan writing. Jadi, akan sangat membantu sekali apabila kita memiliki fondasi grammar yang baik untuk mengerjakan IELTS test.

Pelajari Strategi Tes IELTS

Setelah kalian memiliki kosakata dan tata bahasa yang cukup, kalian dapat langsung mempelajari strategi mengerjakan soal IELTS dengan cara memahami tiap tipe pertanyaan dan cara menjawabnya. Banyak sekali buku latihan yang tersedia, yang dapat membantu kalian. Salah satu buku yang saya rekomendasikan adalah Cambridge IELTS Practice Tests, mulai dari volume ke 10 ke atas (karena menurut saya volume 9 ke bawah sudah sangat jadul, hehehe). Untuk mendapatkan buku ini, kalian bisa beli versi aslinya di BookDepository atau Amazon.

Tetapkan Target dan Konsisten

Tentu saja belajar IELTS harus ada tujuan akhirnya, dan saya yakin pasti kalian memiliki target tertentu, misalnya saja ingin mendapatkan band score rata-rata 7. Nah, kalian tinggal berusaha memenuhi kriteria untuk mendapatkan band 7. Untuk penjelasan lebih detail tentang kriteria IELTS bisa dilihat di sini. Setelah menetapkan target score, kalian harus luangkan waktu beberapa jam setiap harinya supaya kemampuan mengerjakan soal IELTS semakin meningkat. Jangan mengharapkan hasil instan, karena belajar IELTS tidak hanya menyangkut strategi mengerjakan tes, namun juga berhubungan dengan kemampuan bahasa Inggris kalian. Jadi, untuk mengembangkan hal itu perlu waktu, dan konsistensi.

Begitulah cara belajar IELTS dari nol versi saya! Semoga membantu ya, untuk kalian yang sedang mempersiapkan kuliah ke luar negeri 🙂

Baca juga:
Biaya Kuliah di Inggris
Universitas Terkenal di London

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *