Edtech

Cara Membuat Ujian dengan Waktu Terbatas di Google Classroom

Membuat Ujian di Google Classroom

Salah satu fitur Google Classroom yang saya suka adalah kepraktisannya dalam membuat dan mengatur tes yang dapat saya berikan untuk siswa saya. Berikut ini saya paparkan cara membuat soal ujian di Google Classroom dengan fitur timer atau waktu terbatas dengan aplikasi gratis bernama Quilgo.

1.Membuat Google Form di Google Classroom

Dalam Google Classroom, buatlah soal ujian atau tes di Google Form. Caranya? Klik “create a quiz assignment” pada jendela Google Classroom Setelah itu, selesaikan membuat soalnya ya.

Membuat Ujian di Google Classroom

2. Menginstall Add-on Quilgo.com

Quilgo.com adalah aplikasi atau plug-in yang memungkinkan kita untuk memberikan waktu yang terbatas atas soal yang telah dibuat. Cara mengakses Quilgo cukup mudah; dari quiz assignment yang sudah jadi, klik add-on dengan mencari titik tiga di kanan atas jendela Google Form. Setelah itu, ketikkan Quilgo di bagian pencarian.

Membuat Ujian di Google Classroom

3. Membuat Akun di Quilgo

Untuk dapat menggunakan Quilgo, kita harus mendaftar ke akunnya terlebih dahulu, dan caranya cukup mudah; gunakan e-mail Anda, kemudian set passwordnya, seperti halnya membuat akun biasa.

4. Memberikan Akses kepada Quilgo untuk Google Form yang telah dibuat

Setelah mendaftar, kita dapat kembali ke Google Form di mana kita membuat kuis untuk siswa, kemudian koneksikan Quilgo dengan kuis yang telah kita buat. Nantinya akan muncul pop-up yang berisi perintah untuk memasukkan token. Nah, untuk mendapatkan token/kode Quilgo, kita harus masuk ke Quilgo lagi dan meng-copy kode yang ada ke Google Form kita.

Membuat Ujian di Google Classroom

Setelah selesai, akan muncul pop-up baru yang berisi perintah untuk mengijinkan Quilgo mengakses form kita; klik “enable Quilgo for this form.”

5. Mengatur Waktu Tes dan Menambahkan database email murid pada Quilgo

Pada halaman Quilgo, jika kita klik “Create Test”, maka akan muncul perintah untuk menambahkan email siswa-siswa kita dan mengatur waktu untuk tes. Isi sesuai keperluan kita. Karena saya pakai versi gratis, maksimal jumlah e-mail siswa yang dapat ditambahkan per tes adalah 100 saja. Itulah kelemahan Quilgo; namun, itu dapat disiasati dengan membuat Google Form yang berbeda-beda. Nah, apabila kita mau versi yang berbayar, kita dapat menikmati fitur “kamera” sehingga siswa bisa dapat lebih terawasi saat tes.

6. Mengumumkan soal kuis di Google Classroom

Setelah klik “create”, kita perlu membagikan link kuis yang sudah ada timernya tersebut ke siswa. Caranya: klik “copy link”, kemudian paste link tersebut di Google Classroom. Saat siswa meng-klik link tersebut, tentunya mereka harus memasukkan e-mail mereka untuk dapat mengerjakan kuis yang sudah dibuat.

Beginilah tampilan soal ujian yang memiliki batas waktu. Contoh di bawah ini adalah soal asal-asalan yang saya buat dengan batas waktu 20 menit.

Demikianlah cara membuat ujian atau tes dengan waktu terbatas menggunakan fitur Google Form di Google Classroom. Dengan bantuan Quilgo, kita sebagai guru dapat meminimalisir “kecurangan” siswa saat kita harus mengajar secara online. Semoga bermanfaat.

Baca juga:
Aplikasi Belajar Bahasa Inggris yang Recommended
Aplikasi Penunjang Kelas Online untuk Guru

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *