Edtech

Cara Menggunakan Padlet: Papan Tulis Online Interaktif

cara menggunakan padlet

Dengan maraknya kegiatan belajar dan mengajar online, beberapa guru mungkin masih merasa kesulitan untuk menemukan aktivitas yang dapat membuat siswa tetap tertarik untuk datang ke kelas online. Nah, website yang akan saya bahas kali ini bisa menjadi alternatif untuk kegiatan kelas online; namanya Padlet. Padlet adalah sebuah papan tulis online yang memungkinkan siapapun menambahkan ide-ide dalam papan tulis tersebut. Aksesnya pun terbilang mudah karena Padlet bisa dibuka menggunakan laptop maupun HP, dan jika menggunakan HP, kita nggak perlu mengunduh app-nya terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara menggunakan Padlet dan ide aktivitas yang dapat dilakukan dengan Padlet untuk pembelajaran online.

Baca juga:
Aplikasi Penunjang Kelas Online untuk Guru
Cara Membuat Ujian dengan Waktu Terbatas di Google Classroom

Cara Menggunakan Padlet

Berikut ini adalah tahapan untuk menggunakan Padlet:
1. Buat akun Padlet dengan klik “Sign up for free”. Untuk membuat akun Padlet, kita dapat menggunakan Gmail.
2. Buat Padlet dengan klik “Make a Padlet.” Setelah itu, akan muncul pilihan layout papan tulis yang diinginkan, misalnya saja: “wall” untuk konten seperti majalah dinding, dan “stream” untuk konten yang memungkinkan kita membaca dari atas ke bawah.
3. Padlet sudah jadi, dan kita tinggal share link Padlet yang sudah jadi (copy-paste link) tersebut ke siswa.
4. Untuk mem-posting konten, caranya sangat mudah sekali yaitu tinggal klik kiri 2 kali di sembarang tempat di Padlet tersebut, dan kita bebas menuliskan kontennya.

Opsi Padlet yang bisa dibuat

Menulis Kolaboratif

Guru bisa memberikan topik atau pertanyaan tertentu kepada siswa, dan kemudian, siswa dapat mencoba menuliskan jawaban secara berkelompok. Supaya seru, siswa dapat diminta melanjutkan kalimat atau menambahkan ide teman yang sudah sebelumnya menuliskan jawaban.

Contoh penggunaan Padlet untuk menulis kolaboratif

Brainstorming Ide

Aktivitas ini cocok untuk dilakukan sebagai icebreaker atau saat awal kelas dimulai. Guru dapat mencoba melempar pertanyaan yang berhubungan dengan pelajaran yang bersangkutan. Misalnya:
– Apa yang kamu ketahui tentang Tata Surya?
– Apa yang kamu ketahui tentang Perang Dunia II?
Kemudian, siswa diminta menuliskan apapun yang mereka ketahui atau mem-posting gambar yang bersangkutan dengan topiknya.

Survey Online

Untuk melakukan survey online, guru bisa memberikan pertanyaan atau piliihan tertentu kepada siswa, kemudian, siswa dapat mem-posting jawaban atau pilihan jawaban mereka. Karena Padlet memungkinkan siapapun untuk menjawab secara anonim, siswa dapat menjawab tanpa menuliskan nama mereka atau menggunakan nama samaran saja.

Mengumpulkan tugas

Untuk tugas yang tidak serius-serius amat, guru dapat meminta siswa untuk mengumpulkannya melalui Padlet dengan cara upload file atau jawaban dari tugas tersebut. Namun bila tugas tersebut bersifat serius, lebih baik tidak menggunakan Padlet karena siswa lain bisa melihat jawaban dari siswa yang sudah sebelumnya mengumpulkan tugas.

Bercerita Online

Untuk aktivitas ini, guru dapat meminta siswa untuk mem-posting gambar tertentu ke Padlet. Kemudian, di saat pertemuan live secara online, siswa diminta untuk menceritakan atau mendeskripsikan gambar tersebut sesuai dengan keadaannya.

Meski demikian, Padlet tidak sepenuhnya gratis. Bila kita memakai versi yang gratis, kita hanya dapat membuat 3 “papan tulis” dan setelah itu kita harus menghapus atau mengarsipkan yang lama untuk dapat membuat yang baru. Namun, saya rasa, sebagai aktivitas selingan, versi gratis Padlet ini cukup untuk guru yang ingin menggunakannya. Dengan cara menggunakan Padlet yang saya share, semoga dapat membantu ya. Selamat mencoba!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *