Bahasa Inggris Umum

Kata-Kata British English ini Dijamin Bikin Kita Bingung

kata-kata British English

Dulu, saya berpikir bahwa saya nggak akan kaget-kaget amat untuk tinggal di Inggris soal bahasa yang mereka gunakan. Hal itu disebabkan karena saya sudah belajar bahasa Inggris bertahun-tahun, dan kemampuan bahasa Inggris saya pun nggak jelek-jelek amat, mengingat saya juga sudah menjadi guru bahasa Inggris. Namun, ternyata, saya salah! Tetap saja materi yang saya pelajari tidak sepenuhnya sesuai dengan kenyataan di sana, karena ada ekspresi atau kata-kata British English yang cukup beda dengan teorinya atau ungkapan yang saya dengar, yang awalnya asing di telinga saya. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

Ey up!

Ungkapan ini sangat berciri khas Yorkshire, daerah yang saya tinggali dulu saat masih berkuliah di sana. Artinya adalah “Halo” atau “apa kabar?” Kata-kata ini kebanyakan di daerah Yorkshire saja ya. Kalau di bagian lain seperti Skotlandia atau Irlandia, kemungkinan akan berbeda lagi ya.

Hi, Love.

Jangan ke-GR an kalau kita dipanggil dengan sebutan “Love.” Di Inggris, Love cukup sering dipakai bahkan ke orang yang tidak dikenal sama sekali. Tujuannya adalah untuk memberikan kesan ramah kepada lawan bicara. Tapi, biasanya “love” ini diucapkan oleh wanita dan ditujukkan ke wanita juga. Paling tidak, seingat saya, orang tak dikenal yang memanggil saya seperti itu semuanya wanita, hehehe. Mungkin ini mirip dengan “say” dalam bahasa Indonesia, ya?

Are you alright? atau You alright?

Mungkin kita tidak asing dengan ungkapan ini. Menurut pengertian sebagian besar dari kita, “Are you alright?” berarti “Apakah kamu baik-baik saja?” sehingga kita mengira bahwa orang yang mengatakan itu khawatir dengan keadaan kita. Namun, tidak demikian di Inggris. “Are you alright?” berarti “Apa kabar?” dan ungkapan ini akan sering sekali digunakan untuk menyapa orang lain dan bukan untuk menunjukkan rasa khawatir. Kalau ditanya seperti ini di Inggris, umumnya jawabannya adalah “Yeah, you?” dan kita bisa tanya balik “You alright?” . Begitu.

innit

“innit” berarti “isn’t it?” Kalau guru tata bahasa Inggris kita mengajarkan kalimat “It’s a nice day, isn’t it?” (Hari yang indah, bukan?), orang Inggris dalam percakapan sehari-hari tidak jarang menggantinya menjadi “It’s a nice day, innit?” Namun, ini hanya digunakan dalam percakapan yang tidak formal, alias ketika kita ngomong dengan teman saja.

pop in / pop out

Saat kita mendengar kata “pop”, pastinya kita berpikir bahwa sesuatu “meletus,” hehehe. Namun, dalam British English, kata ini seringnya berarti “mengunjungi.” “Pop in” berarti mendatangi ke dalam sebuah tempat, dan pop out berarti sebaliknya, yaitu keluar menuju suatu tempat. Misalnya:

“Do you want to pop into my place?” (Apakah kamu mau mampir ke tempatku?)
“My mom’s just popped out to the supermarket.” (Ibuku baru saja pergi ke supermarket.)

dodgy

Sangat wajar jika kalian tidak pernah mendengar kata ini sebelumnya. Saya saja baru mendengar kata ini pertama kali di Inggris! Orang Inggris menggunakan kata ini untuk menggambarkan sesuatu (tempat, orang, keadaan) yang tidak bisa dipercaya alias mencurigakan. Biasanya kata ini digunakan di percakapan sehari-hari, jadi bila situasinya formal, mereka nggak pakai kata ini. Contoh:

“Don’t trust that man. He seems dodgy.” (Jangan percaya lelaki itu. Dia terlihat mencurigakan.)

Cheers

Dalam British English, “cheers” seringnya bukan berarti “bersulang”, melainkan “terima kasih.” Dalam konteks percakapan sehari-hari, misalnya di supermarket, rumah makan, berdasarkan pengalaman saya, “cheers” lebih sering saya dengar “cheers” daripada “thanks.” Contoh:

“Can you pass me the salt? Cheers.” (Bisa minta ambilkan garamnya? Terima kasih.)

Gimana? Apakah kata-kata British English itu sudah pernah kalian dengar sebelum membaca blog post ini? Silakan komen di bawah 🙂

Baca juga:
Kesalahan Penggunaan Bahasa Inggris
Apakah Aksen Penting?

Share this:

2 thoughts on “Kata-Kata British English ini Dijamin Bikin Kita Bingung

    1. Wahh, sayangnya belum pernah melihat artis disana secara live hahha.
      Terima kasih sudah berkunjung yaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *