kesalahan penggunaan bahasa inggris

6 Kesalahan Penggunaan Bahasa Inggris yang Sering Terjadi

Posted by

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas frasa (kata-kata) bahasa Inggris yang sering digunakan oleh orang Indonesia, entah supaya terdengar gaul atau keren, yang, sayangnya, kurang tepat. Karena itu, penting untuk menggunakannya secara akurat supaya kita terdengar lebih “terpercaya” bagi lawan bicara kita.

Baca juga: Pentingnya Grammar dalam Bahasa Inggris

1. discuss about

SALAH: We must discuss about the problem really soon. (Kita harus berdiskusi tentang masalah ini secepatnya).

Banyak orang Indonesia menambahkan “about” setelah kata “discuss.” Bahkan, kesalahan ini juga dilakukan oleh siswa yang sudah mahir berbahasa Inggris sekalipun. Seharusnya, “discuss” tidak boleh ditambah “about”, melainkan “discuss” harus langsung diikuti oleh “sesuatu” (kata benda) yang didiskusikan.

BENAR: We must discuss the problem really soon.

2. Thanks before

SALAH: Please help me watch my son. Thanks before (Tolong bantu saya jaga anak saya. Terima kasih sebelumnya).

Thanks before merupakan ungkapan bahasa Inggris yang tidak natural / tidak ada di dalam bahasa Inggris. Menurut saya, asal kata “Thanks before” ini merupakan terjemahan langsung dari bahasa Indonesia (thanks = terima kasih, before =sebelum), namun sayangnya tidak tepat. Apabila ingin bilang “terima kasih sebelumnya,” Anda bisa menggunakan “Thanks in advance.”

BENAR: Please help me watch my son. Thanks in advance.

3. Thanks God

SALAH:”Thanks God, I passed the exam.” (Syukurlah/Alhamdullilah/Puji Tuhan saya lulus ujian)

Orang Indonesia sering bilang “Thanks God.” Padahal, penggunakan -s pada “thanks” ini tidaklah perlu, malah akan salah! Yang benar adalah “Thank God.” Kenapa bisa begitu? Ada 2 alasan. Pertama, kita tidak ngomong “Thanks, God!” dengan Tuhan langsung kan? Kita ngomongnya dengan orang lain (lawan bicara kita), jadi aneh sekali kalau kita bilang “Thanks, God.” padahal kita sedang ngobrol dengan orang lain. Mungkin bisa saja “Thanks, God” digunakan saat kita berdoa. Kedua, “Thank God” merupakan versi “singkat” dari “I thank God.” yang digunakan untuk mengungkapkan syukur kita.

BENAR: Thank God, I passed the exam.

4. Ma’am + Nama

SALAH: Hi Ma’am Lina, may I ask about the assignment? (Hai Bu Lina, bolehkah saya bertanya tentang tugasnya?)

Ma’am ini sangat sering digunakan oleh siswa ke guru bahasa Inggris (yang sudah terlihat “dewasa” atau terlihat “sudah menikah” hahahaha). Padahal, penggunaan “Ma’am” di sini tidak tepat. Tentu saja “Ma’am” boleh dipakai, tapi tidak boleh diikuti oleh nama; jadi, “Ma’am” harus berdiri sendiri. Semisal mau pakai nama, kalau memang wanita tersebut sudah menikah, panggilannya Mrs. + nama keluarga suami. Kalau belum menikah atau tidak tahu/ragu soal statusnya, lebih baik gunakan Ms. + Nama Panggilan.

BENAR: Hi Ms. Lina, may I ask about the assignment?
BENAR: HI Ma’am, may I ask about the assignment?

5. Sir + Nama

SALAH: Good Morning, Sir Smith. (Selamat pagi, Pak Smith)

Ini sama saja seperti poin yang sebelumnya saya bahas (Ma’am), namun untuk penyebutan seorang pria. “Sir” haruslah berdiri sendiri, tidak boleh diikuti nama sama sekali. Kalau diikuti nama, artinya sangat beda. Sir yang diikuti oleh nama (contoh: Sir Isaac Newton) adalah gelar bangsawan yang diberikan oleh Inggris. Jadi, tidak boleh sembarangan pakai Sir+Nama ya. Sebenarnya, kita bisa pakai Sir, hanya saja tidak boleh ada nama. Kalau mau panggil seorang pria pakai nama, boleh, tetapi harus pakai Mr. (dibaca Mister) dan diikuti oleh nama belakangnya. Eits, tetapi Mister juga tidak boleh berdiri sendiri ya (seperti “Hello, Mister! How are you?” ini adalah salah besar).

BENAR: Good morning, Sir.
BENAR: Good morning, Mr. Smith.

6. Congratulation

SALAH: You got the job? Congratulation! (Kamu dapat pekerjaannya? Selamat!)

Kalau di poin ketiga saya membahas kata-kata “thank” yang kelebihan -s, ini malah kekurangan -s. hehehe. Kita tidak boleh bilang “Congratulation” untuk memberi selamat kepada seseorang. Kenapa? Karena memang ucapan selamat tidak biasanya digunakan dalam bentuk tunggal. Ucapan selamat dalam bahasa Inggris harus diubah jadi bentuk jamak. Jadi, yang benar adalah “congratulations” dengan -s, tidak boleh tidak.

BENAR: You got the job? Congratulations!

Demikian penjelasan saya mengenai kesalahan penggunaan bahasa Inggris yang sering terjadi. Semoga bisa membantu Anda belajar bahasa Inggris, ya 🙂

Baca juga: Belajar Bahasa Inggris Sampai Bisa, Yuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *