kursus gratis belajar dirumahaja

4 Rekomendasi Kursus Gratis Penunjang Belajar #dirumahaja

Posted by

Apakah Anda merasa bosan #dirumahaja dengan kegiatan yang itu-itu saja, seperti makan, nonton TV, dan tidur? Jika ya, kenapa Anda tidak mencoba aktivitas produktif seperti belajar? Saat ini, dengan adanya internet, sudah banyak sekali sumber pembelajaran yang Anda bisa akses. Bahkan, Anda bisa kursus online secara gratis! Berikut ini saya akan memberikan 4 rekomendasi kursus gratis online yang bisa anda ikuti selama #dirumahaja.

Coursera

Coursera merupakan website yang menyediakan banyak sekali kursus online dari universitas-universitas ternama dunia seperti Yale atau Harvard, dan topik yang ditawarkan pun beragam, mulai dari psikologi, bahasa, maupun pemrograman komputer. Anda tidak perlu khawatir kejar-kejaran waktunya, karena Anda bisa mengatur kapan Anda akan belajar, sesuai dengan waktu yang Anda inginkan. Apabila Anda ingin mendapatkan sertifikat dari Coursera, Anda tentu harus membayar. Namun, untuk belajar keahlian baru, Coursera adalah pilihan yang tepat, bukan? Apalagi, jika kita bahwa kursus dalam program Kartu Prakerja harganya berjuta-juta rupiah, dan kualitasnya pun diragukan. Hehehe.

Baca juga: Pelatihan Kartu Prakerja Banyak Dihujat

Open Culture

Open Culture memiliki tampilan seperti sebuah blog yang diupdate setiap hari, dan Anda bisa menemukan hampir semua hal yang ingin Anda pelajari di sana, karena Open Culture akan menyediakannya untuk Anda; mulai dari kursus, video, audiobook, bahkan film (tapi film untuk belajar tentunya)! Jadi, daripada browsing tanpa tujuan, Anda bisa browsing isi Open Culture ini dan melihat segudang manfaatnya.

Duolingo

Duolingo adalah cara Anda bisa belajar bahasa dengan menyenangkan! Di sini, ada sekitar 20 pilihan bahasa, termasuk bahasa Inggris, Korea, dan Spanyol. Anda akan dapat belajar kosakata, yang semua dikemas dalam bentuk permainan dan poin yang akan Anda dapatkan ketika Anda sudah melakukan suatu aktivitas di Duolingo. Selain itu, Anda dapat berdiskusi dengan sesama pengguna untuk bertukar informasi mengenai bahasa yang Anda pelajari. Kekurangan dari Duolingo adalah Anda tidak bisa belajar tata bahasa. Jadi, kalau mau belajar tata bahasa, gunakanlah sumber lain 🙂

Kadenze

Kadenze adalah website yang menawarkan kursus untuk bidang-bidang yang kreatif, seperti musik, melukis, maupun desain grafis . Dan tentu saja, yang mengadakan kursus-kursus tersebut adalah profesional dalam bidangnya, seperti profesor universitas terkemuka dunia. Mirip seperti Coursera, Kadenze memiliki 2 mode, free dan berbayar. Apabila Anda butuh skill nya saja, seperti Coursera, Anda cukup pakai yang free. Tetapi, kalau Anda ingin mendapatkan komentar dari instruktur, mengumpulkan tugas, dan mendapatkan sertifikat, Anda perlu membayar.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik mengikuti kursus online gratisan selama #dirumahaja? Semoga kita bisa mengisi hari-hari di waktu pandemi ini dengan aktivitas yang produktif, sehingga skills kita bisa bertambah setelah wabah Covid-19 ini berakhir. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *