Beasiswa dan Pendidikan

Inilah Negara dengan Biaya Kuliah dan Hidup Termurah

negara kuliah hidup murah

Banyak orang merasa bahwa berkuliah di luar negeri itu mahal. Namun, sebenarnya, hal itu tidak sepenuhnya benar karena bila kita tahu tempatnya, kita bisa lho, berkuliah di luar negeri dengan biaya yang relatif rendah. Berikut ini adalah beberapa negara dengan biaya kuliah dan hidup yang rendah di Eropa, Asia, dan Amerika Latin.

Negara Terjangkau di Eropa

Jerman

Mungkin sebagian sudah mengetahui bahwa biaya kuliah di banyak universitas di Jerman gratis khususnya program sarjana/S1, dan karena itu, negara ini bisa menjadi pilihan untuk kuliah di Eropa. Ada sejumlah universitas yang masih menetapkan biaya kuliah, namun biaya itu relatif rendah dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya, yaitu sekitar Rp 17.000.000,- hinggal Rp 50.000.000,- per tahun. Meski demikian, biaya hidup di Jerman memang tidak dipungkiri cukup tinggi, yaitu sekitar Rp170.000.000,- per tahun. Namun, hal itu bisa disiasati dengan memilih kota-kota yang tidak terlalu “mahal” seperti Bonn atau Leipzig

Polandia

Universitas-universitas di Polandia memiliki beberapa program yang gratis untuk S1 dan S2, namun memang kita sebaiknya mencari dengan teliti, karena jumlah universitas bebas biaya di negara ini tidak terlalu banyak dibandingkan dengan Jerman, khususnya untuk mahasiswa internasional (non-Eropa). Namun, dibandingkan dengan Jerman, biaya hidup per bulan di Polandia relatif lebih rendah yaitu sekitar Rp 7.000.000,- (minimal). Menariknya lagi, untuk program doktoral, universitas di Polandia bahkan akan menggaji mahasiswanya per bulan.

Negara dengan Biaya Kuliah dan Hidup Terjangkau di Asia

Malaysia

Negara tetangga kita ini memiliki banyak pilihan universitas dengan kualitas pendidikan yang tinggi, misalnya saja Universiti Malaya yang menempati 100 besar QS World Universities. Selain itu, banyak universitas kelas dunia yang memiliki “franchise” atau cabang di negara ini seperti University of Nottingham (asli UK) dan Monash University (asli Australia), dan bila kita berkuliah di universitas-universitas tersebut, biayanya jauh lebih murah daripada universitas asal. Biaya hidup di Malaysia berkisar Rp. 4-7juta per bulan, tergantung dengan kebutuhan dan standar masing-masing.

Thailand

Negeri gajah putih ini juga menawarkan banyak universitas dengan harga terjangkau, khususnya univeristas negeri, yaitu kisaran Rp. 50juta per tahun. Universitas swasta di Thailand memiliki biaya kuliah yang lebih tinggi (sekitar 5-6x lipat dibandingkan universitas negeri), jadi, mungkin kalian lebih baik mempertimbangkan untuk berkuliah di universitas negeri bila biaya adalah pertimbangan terbesar. Biaya hidup di Thailand besarnya juga akan bergantung dari kebutuhan kita, namun bila kita berhemat, kita memerlukan setidak-tidaknya Rp. 5juta per bulan.

Baca juga:
Universitas Terkenal di London
Biaya Kuliah di Inggris
Universitas di Inggris yang Murah

Negara dengan Biaya Kuliah dan Hidup Termurah di Amerika Latin

Meksiko

Secara letak, Meksiko bersebelahan dengan Amerika Serikat. Berkebalikan dengan negara tetangganya, universitas di Meksiko mematok biaya kuliah yang jauh lebih rendah, mulai dari Rp. 5,5juta per tahunnya. Soal kualitas pendidikan, sebanyak 14 universitas di negara ini termasuk dalam QS World University Rankings pada tahun 2019, dan hal ini terbilang cukup baik. Biaya hidup di Mexico mirip seperti di Thailand, yaitu mulai dari Rp. 4,2juta per bulannya tergantung dengan kebutuhan masing-masing.

Argentina

Mirip seperti Meksiko, biaya hidup di Argentina relatif rendah dibandingkan dengan negara-negara Amerika Latin lainnya. Rata-rata mahasiswa di Argentina membutuhkan kurang lebih Rp. 35-65 juta per tahunnya untuk kebutuhan hidup. Selain itu, universitas negeri di negara ini juga menggratiskan mahasiswa yang berkuliah di sana, lho. Bila kita ingin berkuliah di universitas swastanya, kita harus membayar biaya yang lebih mahal.

Setelah menyimak daftar negara-negara dengan biaya kuliah dan hidup termurah tersebut, apakah kalian masih ingin mencoba berkuliah di luar negeri? Atau, apa negara impian kalian untuk berkuliah? Silakan berkomentar 🙂

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *