Beasiswa dan Pendidikan

Universitas di Inggris yang Murah

universitas di inggris yang murah

Saya rasa, banyak sekali dari kita yang memiliki impian untuk dapat berkuliah di Inggris. Namun, memang tidak dipungkiri bahwa Inggris merupakan salah satu negara dengan biaya pendidikan termahal di dunia, khususnya untuk mahasiswa internasional. Hal ini disebabkan karena biaya kuliah di universitas Inggris bisa mencapai 3x lipat biaya mahasiswa lokal. Nah, meski mahal, ada juga lho universitas di Inggris yang murah. Saran saya sih, jangan pilih universitas di London karena selain biaya hidupnya mahal, biaya universitasnya juga mahal. Berikut ini adalah daftarnya:

1.Coventry University

Universitas ini terletak di kota Coventry, England, dan universitas ini merupakan salah satu yang terbaik di Inggris, lho, terutama di bidang bisnis, teknik, dan desain. Berdasarkan The Guardian University Guide 2021, Coventry University menempati ranking 26. Untuk mahasiswa internasional, biaya kuliah di sini per tahunnya mulai dari 13.000 GBP untuk mahasiswa S1 dan 16.000 GBP untuk mahasiswa S2.

2. York St. John University

Universitas ini berada di York, England, dan berdiri pada tahun 2006. Meskipun demikian, sebelum menjadi sebuah universitas, tempat ini sudah menjadi instiusi pendidikan sejak tahun 1841. Saat ini, York St. John University merupakan salah satu universitas terbaik yang memiliki fondasi religius. Biaya kuliah untuk mahasiswa internasional adalah sekitar 12.000 GBP.

3. University of Suffolk

Terletak di Norfolk dan Suffolk, universitas ini memiliki konsep modern dan berdiri pada tahun 2007. Universitas ini memiliki 4 kampus dan lebih dari 100 program studi. Sebagai mahasiswa internasional, yang dibutuhkan untuk berkuliah di sini mulai dari 11.000 GBP baik untuk S1 atau S2.

4. Teesside University

Teesside University terletak di Middlesbrough, North Yorkshire, England. Program unggulan di universitas ini adalah kesehatan dan informatika. Jamie Dornan, pemeran Fifty Shades of Grey, adalah alumni universitas ini lho! Biaya kuliah di universitas ini mulai dari 13.000 GBP per tahun.

5. University of Cumbria

Memiliki 5 kampus, kampus utama universitas ini berada di Lancaster, England. Program di universitas ini mencakup: Bisnis, Kesehatan, Seni, Pendidikan, dan Ilmu Pengetahuan. Biaya kuliah universitas ini adalah sekitar 12.000 GBP per tahun.

Baca juga:
Beda Kuliah di Inggris dan Indonesia
Solo Travelling ke Kota Terindah di Inggris
Pengalaman Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Melihat besaran biaya di atas, kita jadi dapat mengetahui bahwa universitas yang termasuk murah di Inggris belum tentu murah untuk orang Indonesia. Apabila 1 GBP adalah Rp. 20.000,- , kira-kira, berapa 10.000 GBP dalam rupiah? Dan apakah kalian masih tertarik untuk mulai menabung demi berkuliah di universitas di Inggris yang termasuk murah tersebut? Silakan berkomentar.

Share this:

2 thoughts on “Universitas di Inggris yang Murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *